6 Keistimewaan Puasa Bulan Rajab, Dibukakan Pintu Surga dan Ditutup Pintu Neraka

Bulan Rajab merupakan salah satu Asyurul Hurum, yakni sebuah bulan yang dimuliakan selain Dzulqqidah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Dalam Al-Quran disebutkan keistimewaan bulan Rajab yakni pada surat At-Taubah ayat 36.

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram (untuk perang).

“Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta dengan orang orang yang takwa.” (QS At-Taubah:36)

Salah satu amalan sunnah yang dapat menambah pahala dan menyempurnakan ibadah sehari-hari di bulan Rajab adalah puasa.

Hal tersebut sebagaimana diriwayatkan dari mujibah al-Bahiliyah , Rasulullah SAW yang bersabda “ Puasalah pada bulan-bulan haram (mulia).” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad).

berikut beberapa keistimewaan yang diperoleh apabila seseorang menunaikan puasa Rajab .

Ada 6 (enam) keistimewaan Puasa Bulan Rajab yaitu:

1. Melaksanakan puasa satu hari seperti melaksanakan puasa sebulan

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam.

Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga . Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” HR.At-Thabrani.

2. Melaksanakan Puasa di tanggal 27 Rajab, maka dicatat amalnya selama 60 bulan.

Rasulullah SAW bersabda, barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab , Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.” Abu Hurairah.

3. Apabila puasa selama 7 hari pada bulan Rajab maka akan menutup pintu neraka baginya.

4. Apabila puasa selama 8 hari pada bulan Rajab akan membuka 8 pintu surga untuknya.

Rasulullah SAW bersabda, barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab , Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.” Abu Hurairah.

5. Apabila puasa selama 10 hari pada bulan Rajab maka akan menghapus dosa dosanya dan diganti dengan kebaikan.

6. Apabila puasa sehari pada bulan Rajab maka akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga. Rasanya manis melebihi madu.

Rasulullah SAW bersabda , “Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan dan rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut.

sumber: islam.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *