Pentingnya Minum Obat Cacing Sebelum Puasa

Pentingnya Minum Obat Cacing Sebelum Puasa

Selama berpuasa, kondisi fisik Anda harus tetap optimal. Agar ibadah puasa dapat dijalani dengan lancar, selain mengonsumsi makanan bernutrisi, Anda sekeluarga juga perlu minum obat cacing. Terlebih lagi, negara Indonesia termasuk daerah endemis cacingan dan anak-anak adalah kelompok yang paling rentan terkena dampaknya.

Penyakit cacingan dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penularan cacing bisa terjadi bila Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang pengolahannya kurang bersih atau tidak dimasak hingga matang, bisa juga saat Anda berjalan di atas tanah tanpa mengenakan alas kaki. Infeksi cacing lebih mudah terjadi pada orang yang jarang mencuci tangan.

Penyakit cacingan bisa disebabkan oleh berbagai jenis cacing, seperti cacing kremi, cacing pita, dan cacing tambang. Cacing tersebut dapat masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, bahkan kulit.

Penyakit cacingan tidak selalu menunjukkan gejala, sehingga penderitanya bisa saja tidak menyadari bahwa tubuhnya sudah terinfeksi cacing. Meski begitu, sebagian penderita cacingan merasakan gejala berupa mual, muntah, sakit perut, diare, lemas, dan berat badan menurun.

Mengapa Perlu Minum Obat Cacing Sebelum Puasa?
Penyakit cacingan dapat membuat tubuh penderitanya kekurangan gizi dan lemas. Ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih selama bulan puasa. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi obat cacing sebelum puasa, sehingga Anda tidak mengalami kekurangan nutrisi dan lemas akibat cacingan selama berpuasa nanti.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu minum obat cacing sebelum menjalani puasa:

1. Menjaga asupan nutrisi dalam tubuh
Tidak makan dan minum selama 12 jam lebih saat berpuasa dapat membuat asupan nutrisi dan cairan Anda berkurang. Jumlah nutrisi tersebut bisa semakin menyusut bila Anda menderita cacingan.

Cacing merupakan parasit yang bertahan hidup dengan mengambil nutrisi dari makanan di dalam usus inangnya, yang dalam hal ini adalah manusia. Jika nutrisi di dalam makanan Anda diambil oleh cacing, Anda bisa kekurangan nutrisi sehingga tubuh Anda terasa lemas dan lesu.

Bukan hanya itu, rasa lapar yang Anda rasakan pun akan semakin kuat dan sulit dikontrol karena tubuh Anda tidak mendapatkan kalori yang cukup dari makanan. Jadi, agar puasa Anda lancar, konsumsilah obat cacing sebelum memasuki bulan puasa.

2. Mencegah penyakit cacingan dari makanan dan minuman yang kurang bersih
Selama bulan puasa, aneka makanan dan minuman untuk sahur atau berbuka banyak dijual di pinggir jalan. Nah, makanan dan minuman tersebut bisa saja terkontaminasi debu dan kotoran penyebab penyakit, temasuk telur atau larva cacing, apalagi jika pengolahan dan penyajiannya tidak higienis.

Tak hanya jajanan di pinggir jalan, masakan rumah pun bisa menjadi media penularan telur cacing bila bahan makanannya tidak dicuci hingga bersih atau tidak dimasak hingga matang.

3. Melindungi tubuh saat beraktivitas di tempat kotor
Anak-anak biasanya sering bermain di luar rumah tanpa mengenakan alas kaki, padahal tanah merupakan salah satu tempat cacing berkembang biak. Jika seperti ini, cacing dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh anak melalui telapak kaki, celah kuku, atau luka terbuka.

Cacing juga akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh melalui tangan yang kotor dan jarang dicuci, terlebih jika tangan tersebut digunakan untuk mencomot makanan dan memasukkannya ke mulut.

Cacing juga bisa masuk melalui kulit di kaki, penularan cacing melalui cara ini sering terjadi pada orang yang sering berjalan di permukaan tanah tanpa menggunakan alas kaki.

4. Mencegah risiko penyakit lain yang disebabkan oleh cacingan
Penyakit cacingan yang tidak diobati bisa menimbulkan gangguan percernaan dan meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi dan kurang gizi (malnutrisi). Kondisi ini tentu akan mengganggu kelancaran berpuasa.

Tips Mencegah Cacingan Saat Puasa
Agar Anda dan keluarga dapat menjalani puasa dengan lancar dan terhindar dari penyakit cacingan, konsumsilah obat cacing sebelum berpuasa.

Selain menggunakan obat cacing yang terbukti efektif untuk mengobati penyakit cacingan, Anda dan keluarga juga perlu melakukan langkah-langkah untuk mencegah cacingan berikut ini:

  • Cuci tangan dengan air dan sabun sebelum makan, sebelum mengolah makanan, setelah buang air besar atau buang air kecil, serta setelah menyentuh hewan atau membersihkan kandang hewan.
  • Masak makanan hingga benar-benar matang.
  • Kenakan alas kaki saat keluar rumah.
  • Bersihkan rumah secara rutin.
    Masak air tanah hingga mendidih sebelum diminum.
  • Cuci buah, sayuran, dan bahan makanan hingga bersih sebelum diolah atau dikonsumsi.

Ada beberapa pilihan obat cacing yang dapat dikonsumsi sebelum puasa untuk mencegah penyakit cacingan. Salah satunya adalah pirantel pamoat. Obat cacing ini dapat diberikan kepada orang dewasa dan anak-anak berusia 2 tahun ke atas.

Jika Anda ragu dengan dosis dan aturan minum obat cacing sebelum puasa atau merasakan gejala cacingan yang telah disebutkan di atas, konsultasikanlah ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Sumber Alodokter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *